Ticker

6/recent/ticker-posts

Pendidikan Soft Skill bagi Anak-Anak


 

Pendidikan soft skill sejak dini membantu anak Anda mengeksplorasi diri dengan mudah dan cepat ketika memasuki dunia kerja. Yang jadi masalah, tidak semua sekolah menonjolkan program pendidikan soft skill seperti British International High School Jakarta sehingga anak lulus dengan nilai bagus tanpa didukung kecerdasan emosional.

Di BSJ, siswa tidak hanya memperoleh pendidikan secara akademik namun juga lulus dengan soft skill yang baik. Mereka mungkin akrab dengan media digital namun bukan berarti melupakan sosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Bagaimana pun juga, soft skill dan hard kill keduanya sangat penting terutama untuk memasuki lingkungan baru pasca lulus sekolah. 

Kenali Macam-macam Soft Skill yang Harus Diasah oleh Siswa SMA

Saat lulus Sekolah Menengah Atas, ada dua pilihan yang bisa diputuskan oleh seseorang. Pilihan pertama adalah melanjutkan study ke jenjang lebih tinggi sementara pilihan berikutnya adalah memilih bekerja.

Jika Anda mengharapkan anak melanjutkan study maka bekali diri mereka dengan soft skill berikut ini: 

Keterampilan Bersosialiasi dan Berkomunikasi

Menjadi cerdas saja terkadang tidak cukup jika tidak dibarengi dengan banyaknya partner atau relasi. Anak Anda mungkin mampu membuat sesuatu dengan kejeniusannya namun produk yang mereka buat tidak bisa diproduksi atau didistribusikan tanpa bantuan orang lain.

Keterampilan bersosialisasi dan berkomunikasi sangatlah penting di lingkungan masyarakat. Tanpa kemampuan ini, anak akan kesulitan saat menghadapi situasi baru atau kondisi yang sulit. Mereka akan mudah menyerah karena terhalang dengan kepribadiannya yang kurang fleksibel. 

Keterampilan Beradaptasi

Saat mendaftarkan anak Anda untuk sekolah di British International High School, Anda tidak hanya memberikan masa depan akademik yang cemerlang terhadap anak tapi juga membentuk kepribadian mereka. Sesaat setelah masuk ke sekolah, anak akan mulai beradaptasi.

Anak yang mudah beradaptasi akan memperoleh banyak teman dan disukai oleh semua orang. Sebaliknya, anak yang kesulitan beradaptasi cenderung dihindari karena dianggap menutup diri. 

Teamwork

Di dunia kerja, teamwork sangat penting karena tiap pekerjaan memiliki keterkaitan antara satu dan lainnya. Kondisi serupa juga bisa anak Anda temui pada dunia pendidikan.

Kerja sama perlu terutama saat guru memberikan tugas kelompok. Setiap siswa diharapkan mampu mengerjakan tugas secara bersama-sama. Anak yang lebih suka belajar mandiri tidak hanya berpotensi kehilangan nilai tapi juga dihindari oleh teman-temannya. 

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Sejak kecil, anak Anda sudah mulai menunjukkan ciri-ciri kepemimpinan. Cobalah asah kemampuannya tersebut dengan mendaftarkan anak ke BSJ pada program secondary school. Sekolah di BSJ akan membantu anak Anda untuk mengeksplorasi dirinya.

Guru tidak hanya mendorong anak untuk bekerja keras demi memahami materi tapi juga mengajak anak untuk memecahkan masalah dan berpendapat. Pembentukan jiwa kepemimpinan sejak awal akan membantu anak menguasai diri mereka ketika di kampus maupun lingkungan kerja.

Pendidikan soft kill seringkali diremehkan oleh sekolah padahal manfaatnya sangat banyak. Siswa SMA yang lulus dengan kemampuan akademis dan kepribadian emosional yang baik akan memberikan kontribusi terbaik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Posting Komentar

0 Komentar